0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SK Belum Turun, Pelantikan Pj Walikota Solo Molor

Pj Walikota Solo Budi Yulistyanto (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Pelantikan Pelaksana Harian (Plh) Penjabat (Pj) Walikota Solo, Budi Yulistianto sebagai Pj Walikota Solo batal dilakukan pekan ini. Penyebabnya, Surat Keputusan (SK) pengangkatan Budi sebagai Pj Walikota masih berada di meja Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kemarin kita telah menanyakan ke Biro Otonomi Daerah Pemprov Jawa Tengah. Konfirmasinya hingga saat ini SK Pj Walikota masih belum ditanda tangani Mendagri,” kata Asisten Pemerintahan Setda Pemkot Solo, Said Romadhoni kepada wartawan, Jumat (22/1).

Dengan kondisi itu, pihaknya belum bisa memastikan kapan pelantikan Pj Walikota digelar. Meskipun awalnya, pelantikan Pj diperkirakan dilakukan pekan ini di Semarang.

Di sisi lain, melihat agenda Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ini, Said memperkirakan pelantikan Pj Walikota baru bisa digelar pekan depan. Tentunya jika SK Pengangkatan Budi sebagai Pj Walikota sudah turun dari Kemendagri.

“Saat ini Gubernur ada di Wonogiri, lalu Senin (25/1) mendatang Gubernur berada di Palangkaraya. Kalau memang SK-nya turun pelantikan juga baru bisa dilaksanakan Selasa (26/1) mendatang,” jelasnya.

Said menjelaskan, jika Biro Otonomi Daerah Pemprov Jateng sudah mengambil SK pengangkatan Pj, barulah kemudian Pemprov memproses pelantikan Pj Walikota. Sebab saat ini Pemkot Solo hanya bisa menunggu keputusan dari Mendagri dan Gubernur Jateng.

Ditambahkannya, pelantikan Pj Walikota dipastikan akan tetap dilakukan. Mengingat proses pelantikan Walikota dan Wakil Walikota definitif memerlukan SK Pj Walikota. Keberadaan Pj juga diperlukan saat penyerahan jabatan dari Pj Walikota kepada Walikota dan Wakil Walikota definitif.

Sementara itu saat hal ini dikonfirmasikan pada Plh Pj Wali Kota Solo Budi Yulistianto, pihaknya enggan berkomentar banyak. Dirinya hanya berjalan sambil lalu kemudian melambaikan tangan saja.

”Wah saya nggak mau komentar tentang ini. Kita tunggu saja,” ucapnya singkat.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge