0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Daging Sapi Capai Rp 120 Ribu/Kg

dok.timlonet/nanin
Pedagang daging sapi di pasar Boyolali (dok.timlonet/nanin)

Boyolali — Kebijakan pemerintah dengan menerapkan pajak pertambahan nilai (PPn) sebesar 10% berimbas pada tidak stabilnya harga daging sapi. Saat ini, harga daging sapi kwalitas super di sejumlah pasar di Boyolali mencapai Rp 120 ribu perkilogram.

“Naik terus harganya, dari Rp 100 ribu kini sudah mencapai Rp 120 ribu perkilogram, naiknya sejak bulan Desember kemarin,” kata Endang, pedagang daging di Pasar Boyolali Kota, Jumat (22/1).

Akibatnya, banyak konsumen yang enggan membeli daging sapid an beralih ke daging ayam yang harganya jauh lebih murah. Hal senada juga diungkapkan Tiah, pedagang daging sapi di Pasar Sunggingan, untuk daging kwalitas sedang harganya sudah mencapai Rp 100 ribu perkilogram.

“Pembeli sepi, sehari hanya mampu menjual 20 Kg hingga 25 Kg saja, itupun kebanyakan pembelinya adalah pelanggan,” tambahnya.

Tiar, yang juga memiliki sapi potong, mengakui kenaikan harga daging dipicu dengan kebijakan pemerintah untuk menerapkan PPn 10%. Pihaknya berharap pemerintah mengkaji ulang kebijakan tersebut. Pasalnya sebagai peternak sapi potong dengan skala kecil, kebijakan tersebut sangat memberatkan.

“Kalau peternak kecil ya sangat keberatan, sudah pasar sepi, harga terus mengalami kenaikan,” tambahnya.

Pedagang lain, Mariam, mengaku agar daging sapi jualanya bisa laku, terpaksa mencampur antara daging sapi kwalitas super dengan daging sapi kwalitas di bawahnya. Dengan cara ini, banyak konsumen yang mau membelinya.

“Terpaksa harus diakali, kalau tidak begitu ya tidak laku,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge