0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Penambangan Liar di Boyolali Ditertibkan

Aktivitas penambangan di wilayah Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sejumlah penambangan liar di wilayah Boyolali mulai dilakukan penertiban. Salah satunya penambangan galian C di Dusun Kertoharjo, Desa Sendangrejo, Klego. Pihak Balai Energi dan Sumberdaya Mineral (BESM) Provinsi Jateng, berencana melakukan penertiban disejumlah lokasi galian C ilegal.

“Segera kita lakukan penertiban,kalau tidak berijin dan dibiarkan akan merusak lingkungan,” ungkap Pengawas BESDM Jateng wilayah Surakarta, Subagyo, Jumat (22/1).

Dicontohkan, penambangan galian C di wilayah Dusun Kertoharjom, Desa Sendangrejo, Klego, sama sekali tidak berijin. Bahkan galian C di lokasi tersebut sudah beroperasi sejak beberapa bulan lalu. Di lokasi penambangan terdapat dua buah bachoe yang melakukan aktivitas. Galian C tersebut, lanjut Bagyo, belum memiliki ijin operasi produksi.

“Akan kita hentikan dulu sampai mereka bisa memiliki ijin lengkap,” tambahnya.

Selama ini, aktivitas penambangan banyak yang tidak melengkapi ijinya. Mereka hanya memiliki surat Izin Wilayah Izin Usaha Penambangan (WIUP) saja. Sedangkan untuk Surat Izin Usaha Produksi (IUP), dan Analisis dampak lingkungan (AMDAL) belum dimiliki.

Terpisah, Ketua Komisi 3 DPRD Boyolali, Lambang Sarosa mengatakan, aktivitas penambangan liar telah merusak lingkungan. Pasalnya, usai melakukan penambangan mereka tidak melakukan reklamasi dan dibiarkan begitu saja. Kondisi ini disebabkan tidak adanya jaminan bagi penambang.

“Uang jaminan para penambang nantinya bisa digunakan untuk reklamasi bekas galian,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge