0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buku Anak Islam Suka Membaca Tak Boleh Digunakan Lagi

timlo.net/eko prasetyo
Kepala Dinas Dikpora Solo, Etty Retnowati (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Etty Retnowati meminta penyelenggara pendidikan anak usia dini (PAUD) agar tidak menggunakan lagi buku “Anak Islam Suka Membaca” cetakan 2013 sebagai bahan ajar di sekolah.

“Permintaan itu, menyusul turunnya surat Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang Pelarangan bahan ajar PAUD mengandung unsur kekerasan, tertanggal 21 Januari 2015,” jelas Etty saat bertemu wartawan di SMK Negeri 2 Surakarta, Jumat (22/1).

Menurut Etty, buku “Anak Islam Suka Membaca” cetakan 2013 memang bukan ditarik, tetapi sesuai instruksi dari Kemendikbud tidak boleh digunakan lagi sebagai bahan ajar di sekolah, baik TK maupun PAUD. Sesuai instruksi itu pula buku itu dinyatakan belum memenuhi kriteria kelayakan bahan pra-keaksaraan untuk anak usia dini.

Etty mengatakan, untuk siswa TK dan PAUD tidak seharusnya sudah diajarkan membaca, menulis, dan berhitung (Calistung). Kalau untuk pengenalan boleh, misal mengenalkan huruf, kata, angka, tapi tidak untuk Calistung.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge