0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PKL Didepan Samsat Bakal Ditertibkan Paksa

Penggusuran lapak PKL (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sebanyak 17 pedagang kaki lima (PKL) di city walk depan kantor Samsat Karanganyar akan dibongkar paksa. Mereka sudah mendapatkan surat peringatan tiga kali dari Satpol PP untuk tidak berjualan di lokasi tersebut karena melanggar aturan.

“Berdasarkan peraturan daerah (Perda) nomor 13 tahun 2006. Dimana salah satu klausulnya menyebutkan larangan berjualan di depan kantor pemerintahan,” kata Kepala Satpol PP Karanganyar Kurniadi Maulato, Kamis (21/1).

‪Menurut Kurniadi, mereka sudah diperingatkan tiga kali. Surat pertama dan ke dua adalah surat peringatan sedangkan surat ketiga adalah surat larangan.

“Kalau masih nekat akan kami tertibkan paksa,” tegas Kurniadi.

‪Disebutnya, surat peringatan ke tiga sudah diberikan kepada 17 PKL itu sepekan lalu. Namun akhir pekan kemarin mereka tak kunjung mematuhi peringatan itu. Padahal area yang mereka tempati untuk jualan harus steril dari PKL.

‪”Di kawasan itu tidak boleh untuk jualan saat jam kantor. Selain itu juga mengganggu pejalan kaki mengingat fungsinya sebagai jalur lambat. Dan juga mengganggu estetika keindahan kota karena lokasinya di tengah kota,” imbuhnya.

‪Sejauh ini pihaknya mengaku sudah menertibkan PKL di sepanjang city walk tersebut. Hanya tinggal kelompok PKL itu yang masih membandel. Selain itu, puluhan PKL di sepanjang trotoar depan Pasar Tawangmangu juga bakal ditertibkan. Mereka dinilai sudah merampas hak pejalan kaki.

‪”Papan larangan berjualan sudah kami pasang, tapi mereka masih saja nekat berjualan di sana,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge