0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunakan Dana Desa, Warga Diberi Modal Gerobak Angkringan

timlo.net/aditya wijaya
Penyerahan simbolis bantuan gerobak angkringan di Desa Candirejo, Ngawen, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemerintah desa (pemdes) Candirejo, Kecamatan Ngawen menyalurkan bantuan berupa gerobak angkringan untuk 130 kepala keluarga (KK). Terobosan tersebut sebagai langkah awal pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat yang masuk zona merah.

“Sebanyak 13 gerobak angkringan itu diutamakan untuk 130 KK miskin yang tersebar di 13 RW,” Kepala Desa (Kades) Candirejo Muryanto Darmo Suwito, Kamis (21/1).

Sebelum diterapkan serentak di seluruh RW, pihaknya sudah menyerahkan satu gerobak angkringan sebagai percontohan. Bila berkembang dan ada warga yang berminat, Pemdes akan melakukan pendataan serta menyiapkan gerobak berikutnya untuk disalurkan.

Untuk sistem kerjanya, setiap angkringan dikelola dua KK, sedangkan KK lainnya mengambil peran sebagai pemasok makanan atau jajanan angkringan. Selain gerobak, bantuan dilengkapi sejumlah perabotan seperti gelas, piring, wajan, teko, kompor gas, tabung gas, kursi, alat pemanggang sate, kursi, dan lainnya. Jika dinominalkan masing-masing gerobak sebesar Rp 8 juta.

”Total dana yang digelontorkan sebesar Rp 104 juta yang berasal dari Dana Desa. Sesuai prinsipnya, dana desa untuk pembangunan dan pemberdayaan desa. Karena Desa Candirejo termasuk zona merah kemiskinan,” jelas Muryanto.

Adapun, jumlah penduduk di Desa Candirejo adalah 4.720 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 630 KK berada dalam garis kemiskinan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge