0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Balita Penderita Hidrosefalus Butuh Bantuan Tabung Oksigen

timlo.net/putra kurniawan
Haikal didampingi ibu dan keluarganya setelah pulang dari kontrol dari rumah sakit (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Seorang balita di Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto menderita penyakit hidrosefalus sejak usia empat bulan, sangat membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Pasalnya, untuk bertahan dari penyakitnya ini, setiap hari Haikal yang kini berusia dua tahun membutuhkan tambahan oksigen.

“Setiap hari harus mengeluarkan uang untuk membeli oksigen Rp 85 Ribu, sedangkan tabungnya kita dipinjami orang yang saya tidak mengenalnya, katanya dari Solo Baru,” kata ibu Muhammad Haikal Kurniawan, Listri Sedyaningsih, Kamis (21/1).

Pada hari Rabu kemarin, oksigen yang menopang hidup Haikal sempat habis, sehingga tubuhnya kejang-kejang dan sesak nafas dari malam hingga siang. Listri sempat menulis di akun Facebooknya, dirinya membutuhkan tabung oksigen untuk anaknya.

Selama ini ia dipinjami tabung oksigen dari PKD, karena tabung milik desa maka harus segera dikembalikan, lalu ia meminjam tabung tukang las. Beruntung ada orang yang tak dikenal Listri meminjamkan tabung oksigen untuk Haikal.

Selama ini putra dari pasangan Supardi Hasan (41) dan Listri Sedyaningsih (30), warga Dukuh Kauman RT 2 RW 3 Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto ini diwajibkan periksa seminggu empat kali. Beruntung, keperluan pengobatan Haikal sudah dijamin BPJS, meskipun tidak sepenuhnya, karena ada sejumlah obat yang harus dibeli sendiri.

“Memang ada sejumlah obat yang tidak masuk dalam daftar jaminan dari BPJS, selain itu juga oksigen harus kita beli sendiri, sebenarnya sudah membaik namun karena kemarin kehabisan oksigen sekarang melemah lagi,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge