0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti Klaim Operasi Transplantasi Kepala Berhasil

Valery Spiridonov. (Dok: Timlo.net/ The Moscow Times.)

Timlo.net—Dokter bedah syaraf Sergio Canavero mengaku jika dia sukses melakukan operasi transplantasi kepala pada seekor monyet. Canavero berkata jika kesuksesannya ini menunjukkan jika rencananya untuk mentransplantasi kepala manusia pada tubuh donor bisa berhasil juga. Dia berkata jika prosedur ini akan siap sebelum akhir 2017 dan bisa menjadi sebuah cara untuk menangani kelumpuhan total.

Tim dokter itu telah mempublikasikan beberapa video dan foto yang menunjukkan seekor monyet dengan kepala hasil transplantasi, juga tikus yang bisa menggerakkan kaki mereka setelah saraf tulang belakang mereka putus dan disambung kembali.

Menyambungkan saraf tulang belakang pada seseorang akan menjadi kunci kesuksesan dalam melakukan transplantasi kepala manusia ke tubuh donor. Para ilmuwan mengaku jika mereka bisa melakukan hal ini dengan memotong saraf itu dengan bersih dan menggunakan polyethylene glycol (PEG), yang bisa digunakan untuk mengawetkan membran-membran sel dan menolong dua saraf terhubung sepenuhnya.

Kera yang diperasi itu selamat tanpa luka saraf apapun, kata sang dokter bedah, menambahkan jika kera itu mati selama 20 jam sebelum prosedur demi alasan etis. Kesuksesan ini menjadi cara untuk mengumpulkan dana bagi operasi transplantasi kepala untuk Valery Spiridonov, seorang pasien Rusia yang dipilih untuk menjadi manusia pertama yang menjalani prosedur ini. Canavero berkata jika dia berniat meminta Mark Zuckerberg untuk mendanai operasi itu.
Sumber: Times of India

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge