0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Film SURAT DARI PRAHA Dipermasalahkan

Glenn Fredly (dok.timlo.net/heru murdhani)

Timlo.net – Pembuatan film SURAT DARI PRAHA yang diproduseri Glenn Fredly terganjal kasus dugaan penjiplakan. seorang seniman dan dosen di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya, Malang bernama Yusri Fajar (38) mengaku karyanya dijiplak. Film itu berjudul sama dengan buku yang ditulisnya pada 2012 silam.

“Ada kesamaan judul, ada kesamaan tema, ada ide besar yang sama. Sama-sama tentang mahasiswa yang pernah belajar di sana (Praha) kemudian tidak bisa pulang karena peristiwa PKI 1965,” kata Yusri Fajar, Rabu (20/1).

Keberatan pernah disampaikan oleh Yusri kepada Visinema Pictures selaku pihak produser. Pihaknya pun sempat melakukan pertemuan di Malang pada 19 Agustus 2015 silam bersama Irvan Ramli, selaku penulis skenario.

Namun pada pertemuan itu disampaikan kalau film SURAT DARI PRAHA tidak ada kesamaan dengan buku Yusri. Ide itu diklaim sebagai ide murni tim Visinema. Namun saat itu ada kesepakatan untuk melakukan pertemuan lanjutan.

“Kami dalam posisi menunggu, karena semangatnya saat itu ada pertemuan lanjutan. Pertemuan diharapkan bisa dilakukan diskusi yang membahas tentang persoalan yang saat itu belum selesai,” katanya.

Yusri menganggap, ada yang serupa antara film dengan buku karyanya, sehingga perlu ada pertemuan lebih lanjut. Secara tema dan ide besar ada kesamaan, sementara Yusri telah lebih dulu mengangkat dan mempublikasikan karyanya.

“Ada apresiasi, ada pembicaraan lebih lanjut berkait dengan kemungkinan-kemungkinan dilakukan kolaborasi sesama pekerja seni,” katanya.

Yusri pun mempertanyakan mengapa film yang dibintangi Julie Estelle dan Rio Dewanto itu memakai judul SURAT DARI PRAHA dan tidak menggunakan judul yang lain. Padahal buku itu sudah banyak menjadi pembicaraan di berbagai media, apalagi di dunia maya.

“Ide itu saya tulis 2012, sementara film itu mulai diberitakan akan dibuat pada 2015,” katanya.

Rumah produksi Visinema Pictures menggarap film bertajuk SURAT DARI PRAHA yang diproduseri penyanyi Glenn Fredly dan disutradarai Angga Dwimas Sasongko. Selain Julie Estelle dan Rio Dewanto, ada juga Tio Pakusadewo dan Chicco Jerikho yang turut bermain dalam film tersebut.

Sementara buku SURAT DARI PRAHA berisi kumpulan cerpen tentang mahasiswa Indonesia yang dikirim presiden Soekarno belajar di Ceko. Karena kisruh peristiwa G/30-S/PKI, para mahasiswa tidak bisa kembali ke Indonesia.

(kpl/dar/sjw)

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge