0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hidup Sederhana, Iron Man in Bali Hidupi 3 Anak Laki-laki

I Wayan Sumerdana (merdeka.com)

Timlo.net – Pembuat tangan robot, I Wayan Sumerdana, hidup dalam kesederhanaan. Pria asal Banjar Tauman, Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Karangasem Bali ini menghidupi seorang istri dan tiga anaknya dengan membuka bengkel las.

Kamar tidur Tawan satu ruang dengan bengkel las miliknya. Kamar tidur yang berukuran 3 X 4 meter itu hanya terdapat kasur beralaskan kardus dan lemari kayu. Di kamar mungil yang ditutup korden tanpa pintu itu, Tawan tinggal bersama istri dan ketiga anaknya yang seluruhnya laki-laki.

Tawan menceritakan, kreativitasnya muncul saat didesak kebutuhan hidup. Sekitar enam bulan lalu, Tawan jatuh sakit. Dokter memvonis dirinya menderita stroke ringan sehingga tangan kirinya lumpuh total. Namun dokter tersebut merasa heran karena kadar kolesterol dan tekanan darahnya normal.

Mengalami kondisi lumpuh sebelah, sempat membuat Tawan merasa stres, apalagi dia berasal dari keluarga yang tidak mampu. Istrinya tidak bekerja, sedangkan anaknya masih kecil-kecil.

“Maklum saat itu saya punya istri dan tiga orang anak,” ungkapnya, Rabu (21/1).

Dalam keadaan mendesak itu, Tawan sempat mencoba berbagai rancangan hingga lima kali percobaan. Cara terakhir yang dipakainya adalah robot jenis EEG.

“Alat ini belum sempurna, tetapi sudah lumayan membantu saya. Tanpa alat ini, saya sama sekali tidak bisa bekerja menggunakan tangan kiri. Namun dengan bantuan alat ini, mengangkat beban berat juga bisa. Dengan alat ini, kekuatannya jauh lebih besar,” tambahnya.

Diyakinkan Tawan, bahwa semua alat yang digunakannya adalah barang rongsokan semasa dia menjadi pemulung. Hanya alat di kepala yang dibelinya dalam kondisi baru.

“Saya buat alat ini selama dua bulan. Saya buat sejak dua minggu begitu saya dinyatakan lumpuh. Setidaknya dengan ini bisa jadi bekal hidup saya menyekolahkan tiga anak laki-laki saya,” jelas dia.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge