0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Waduk Gondang Diprediksi Akhir 2017 Selesai

Waduk Gondang (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pelaksanaan pembangunan Waduk Gondang justru melebihi target yang dibebankan. Hal itu bisa memangkas durasi pengerjaan secara signifikan. Dari semula diprediksi rampung 2018, dengan percepatan saat ini diprediksi Desember 2017 megaproyek tersebut bakal rampung.

“Justru target terlampaui. Seharusnya baru 18 persen hingga akhir Desember 2015. Tapi ini sudah 20 persen. Karena pencapaian semakin maju dari target,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono kepada wartawan di lokasi proyek Waduk Gondang Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Selasa (19/1).

Terkait percepatan pengerjaan, pemerintah mengantongi kesanggupan rekanan proyek dari PT Waskita Karya (Persero) untuk menyelesaikan 60 persen fisik bangunan pada tahun ini dari semula ditargetkan 46 persen. Guna merealisasikannya, Sekda Pemprov Jawa Tengah mengingatkan pentingnya penyediaan tenaga kerja berkualitas, peralatan memadai, ketersediaan material dan komitmen semua kalangan.

“Yang terakhir tak kalah penting harus sering ditiliki. Termasuk kehadiran saya ini dalam rangka memenuhi perintah gubernur memantau perkembangan Waduk Gondang,” jelasnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan waduk, Ali Rahman dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) mengatakan porsi 20 persen capaian proyek meliputi pembuatan saluran pengelak, spilway, galian di tubuh bendungan dan fasilitas permanen. Termasuk akses jalan menuju waduk.

“Waduk ini mampu menampung 9 juta meterkubik air yang diandalkan mengairi 4.680 hektare sawah baru. 70 persen sawah itu di Sragen sedangkan sisanya di wilayah Karanganyar,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge