0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikira Teroris, Pria Ini Digrebeg di Gua Tlorong, Jenawi

dok.merdeka.com
Ilustrasi (dok.merdeka.com)

Karanganyar — Kumpul Waluyo (42) warga Batang diamankan aparat dari pertapaannya di Gua Tlorong Desa Lempong, Jenawi, Karanganyar. Dia digerebek polisi dan TNI gara-gara dikira pelaku teror, Selasa (19/1) pukul 23.00 WIB.

“Warga curiga karena ada dua orang di dalam gua yang selalu diransum makanan oleh seorang yang bolak-balik ke gua. Apakah sengaja bersembunyi?” kata Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda, Rabu (20/1).

Sekitar 20 personel gabungan bersiaga di akses masuk gua sambil ancang-ancang mengambil tindakan apabila sasaran penggerebekan melawan. Setelah melepas tembakan dua kali ke udara, baru kemudian Kumpul pasrah dibawa aparat.

“Dia hanya seorang diri, dua orang lainnya sedang dalam pemeriksaan,” lanjut Dandim yang memimpin operasi tersebut.

Saat ditanya petugas, Kumpul mengaku tengah menjalani ritual selama 40 hari sesuai amanat sang guru spiritual. Sedangkan satu saudara seperguruannya telah selesai melakoni ritual sehingga pulang ke rumahnya di Solo. Kumpul mengatakan tak tahu kemana satu orang lagi.

“Saat digerebek, pertapaan Kumpul baru berlangsung 21 hari. Kami juga mengundang dari Kementrian Agama untuk memeriksa lebih mendalam aliran tersebut,” katanya.

Terlepas dari itu, Dandim mengapresiasi respons masyarakat terkait situasi di wilayahnya. Pun bilamana Gua Tlorong dipakai aktivitas aliran menyesatkan, ia segera menindaklanjutinya.

“Yang di gua itu turun ke permukiman hanya di Kamis malam sampai Jumat siang. Setelah salat Jumat lalu kembali ke gua lagi,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge