0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disperindag Solo Sidak Timbangan di Sejumlah Toko Emas

Disperindag Solo sidak di toko emas (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Badan Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo menggelar sidak kesejumlah toko emas yang berlokasi di Jl dr Rajiman. Sidak tersebut dilakukan untuk meminimalisir para pedagang nakal yang biasa merubah ukuran timbangan.

“Sidak ini kita lakukan untuk mengecek timbangan yang digunakan para pedagang, apakah sudah sesuai atau belum. Karena jika ternyata ada masalah tentu akan merugikan salah satu pihak,” ujar Kepala UPTD Metrolodi Disperindag Solo, Daroni Purnama kepada wartawan, Rabu (20/1).

Selain mengecek timbangan yang digunakan, dirinya juga mengatakan jika sesuai aturan yang berlaku setiap pedagang wajib melakukan tera ulang pada timbangannya minimal setahun sekali.

“Dari sidak yang dilakukan ini sebenarnya tidak ada temuan yang berarti atau kesalahan alat ukur timbangan. Hanya saja tera timbangan terakhir kebanyakan pada 2014 silam. Padahal aturannya harus setahun sekali,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Pengawasan Bidang Pengawasan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Solo, Sri Hening Widyastuti dalam kesempatan yang sama menambahkan, jika sidak ini juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepada para pedagang terkait aturan tera yang baru.

“Mulai Juni tahun lalu ada kebijakan baru dari pemerintah daerah, bahwa layanan tera timbangan bisa dilakukan di UPTD Metrologi Solo. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh harus ke Balai Metrologi Jateng seperti sebelumnya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge