0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Awasi Penyerapan Anggaran per Pekan

timlo.net/nanang rahadian
Bupati Karanganyar Juliyatmono (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Bupati Karanganyar, Juliyatmono, akan mengawasi penyerapan anggaran setiap pekan dan bulan. Dia juga memperingatkan pengguna Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 agar tidak terlambat melaksanakan kegiatan. Apabila terlambat maka pengguna anggaran harus mempertanggungjawabkan keterlambatan kepada Bupati.

“Kami punya alat untuk melihat pergerakan penyerapan APBD per pekan dan per bulan. Setiap saat bisa dibuka. Misal, April harusnya program selesai tapi belum dikerjakan. Uang nggak bisa cair. SKPD harus menghadap saya mencairkan uang,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rabu (20/1)

Hal terpenting lainnya, menurut Bupati adalah pengguna APBD tidak boleh melanggar hukum dan siap menerima sanksi. Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu mengatakan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berorientasi manfaat, peningkatan kesejahteraan, kemungkinan pertumbuhan ekonomi, dan lain-lain. Jadi, BPK bukan hanya mengaudit pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran.

“Tidak boleh melanggar dan siap menerima sanksi. BPK mengaudit pemanfaatan dan bukan hanya kegiatan dilaksanakan. Jangan sampai ada masyarakat memberikan pendapat enggak mendapatkan manfaat program,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge