0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hindari Rusak BCB, Gedung Parkir Pasar Gede Gunakan Konstruksi Besi

dok.timlo.net
Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat (dok.timlo.net)

Solo —  Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo membantah pembangunan gedung parkir dua lantai di kawasan Pasar Gede bakal merusak cagar budaya. Pembangunan gedung parkir akan menggunakan konstruksi besi supaya tidak merusak cagar budaya.

“Justru kita membangun dengan sistem besi agar tidak merusak (BCB) karena bisa bongkar pasang dan tidak merusak bangunan lain,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat kepada wartawan, Rabu (20/1).

Herman menerangkan, gedung parkir di Pasar Gede nantinya tidak akan menggunakan cor beton. Konstruksi bangunan akan menggunakan besi. Model gedung parkir berkonstruksi besi ini sudah diterapkan di beberapa kota, salah satunya di Malioboro, Yogyakarta.

Penggunaan konstruksi besi, lanjut Herman, juga untuk mengurangi dampak gangguan akibat proses pembangunan gedung parkir. Jika menggunakan konstruksi besi, proses pembangunan akan lebih cepat.

“Dengan sistem besi kan bisa dirangkai dulu. Efek menggangunya tetap ada, tetapi kan hanya satu atau dua bulan. Tidak berbulan-bulan seperti jika memakai konstruksi beton,” ujar Herman.

Herman menambahkan, bangunan gedung parkir yang merupakan satu kesatuan masterplan penataan kawasan Pasar Gede juga sudah melalui kajian konsultan dan pakar cagar budaya. Dengan demikian, Herman meyakini pembuatan gedung parkir di kawasan Pasar Gede tidak akan merusak BCB.

“Masterplan penataan Pasar Gede itu dibuat sudah melalui analisa dimana didalamnya juga ada konsultan cagar budaya, pakar budaya. Jadi, jelas tidak akan merusak cagar budaya,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah kalangan DPRD Solo tidak sepakat dengan rencana pembangunan gedung parkir di kawasan Pasar Gede. Pembangunan gedung parkir dikhawatirkan merusak Pasar Gede sebagai bangunan cagar budaya.

 

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge