0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan: Gedung Parkir di Pasar Gede Harus Dikaji Dulu

dok.timlo.net/daryono
Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Rencanan pembangunan gedung parkir di kawasan Pasar Gede harus melalui kajian mendalam. Tidak serta merta dilakukan pembangunan untuk mengatasi masalah parkir di kawasan cagar budaya tersebut.

“Pemkot melalui UPTD Perparkiran tidak bisa langsung membuat gedung parkir di Pasar Gede. Mereka harus cermat, atau melakukan kajian mendalam terlebih,” terang Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno, Rabu (20/1).

Menurutnya, masyarakat harus dilibatkan dalam proses rencana pembangunan gedung parkir. Mengingat, kawasan Pasar Gede yang terletak di Kelurahan Sudiroprajan sarat akan nilai budaya, sejarah maupun kultur masyarakat dikawasan tersebut.

Disamping itu, lanjut politisi asal PDIP tersebut, penambahan bangunan ditempat tersebut dikhawatirkan memicu kerusakan nilai estetika di kawasan “segitiga emas”. Mengingat, kawasan Pasar Gede terintegrasi menjadi satu dengan kawasan benda cagar budaya lain, seperti Benteng Vastenburg dan Keraton Kasunanan Solo.

“Ini butuh waktu yang panjang untuk mendirikan bangunan parkir disana. Tidak bisa seenaknya. Dengan dalih mengatasi masalah parkir, tiba-tiba didirikan gedung parkir. Harus dikaji dengan cermat dan mendalam terlebih dahulu,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo merencanakan membangun gedung parkir di kawasan Pasar Gede. Gedung parkir dua lantai itu dirancang menampung 900 sepeda motor dan 150 kendaraan roda empat.

“Tiga bulan ini kami coba siapkan DED (Detail Enginering Design)-nya dulu. Kalau DED-nya selesai, anggarannya bisa diajukan di APBD Perubahan 2016,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran Dishubkominfo Solo, M Usman.

Untuk diketahui, rencana pembangunan gedung parkir ini merupakan rencana kedua. Sebelumnya, Pemkot juga merencanakan membuat gedung parkir di Lapangan Kota Barat dan Sriwedari.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge