0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Klaten Kurang Responsif Tanggapi Aduan Masyarakat

dok.timlo.net/aditya wijaya
screenshoot akun Humas Kabupaten Klaten saat menerima keluhan tentang pembuatan KTP di Dukcapil Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)
Klaten — Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemkab Klaten, Wahyudi Martono, meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) membuka kanal komunikasi untuk masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan akun media sosial (Medsos).

“Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Bagian Humas tengah serius menggodok rancangan pengaduan masyarakat. Layanan pengaduan ini diharapkan membuka kanal informasi sekaligus menjalin komunikasi sehingga pemerintah bisa mendengar keluh kesah masyarakat,” kata Wahyudi, di Klaten, Rabu (20/1).

Diceritakan, beberapa waktu lalu saat pengarahan pelantikan Pejabat (Pj) Bupati Klaten di Semarang, Pemkab Klaten melalui Bagian Humas mendapat teguran keras dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menilai Pemkab Klaten kurang responsif menanggapi pengaduan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya keluh kesah masyarakat Klaten yang langsung ditujukan melalui akun twiter @ganjarpranowo.

“Lambannya penanganan pengaduan itu disebabkan belum adanya kanal komunikasi pejabat publik seperti twitter, facebook untuk menanggapi aduan masyarakat. Selain itu dikarenakan lemahnya pemahaman aparat negara tentang pentingnya layanan informasi publik,” kata Wahyudi.

Menurut dia, teguran itu merupakan tamparan keras kepada pihak Humas Klaten. Padahal sesuai perintah Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) serta Gubernur Jawa Tengah, setiap pejabat publik wajib memiliki akun medsos untuk membantu berkomunikasi dengan rakyat.

“Perlu ada dukungan dari segenap instansi untuk membantu humas, agar pertanyaan yang masuk dapat segera diberi jawaban yang pasti. Jadi tidak boleh gagap teknologi, karena tuntutan perkembangan yang sangat dinamis i kalangan masyarakat,” tegas Wahyudi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge