0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apa Itu Sianida Dan Pengaruhnya Terhadap Tubuh?

Sianida. (Dok: Timlo.net/inquisitr.com)

Timlo.net—Beberapa hari ini kasus kematian seorang wanita bernama Wayan Mirna Salihin (27 tahun) setelah dia meminum es kopi Vietnam di salah satu kafe di Grand Indonesia. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti berkata dari sampel yang didapat, kopi yang diminum korban mengandung zat yang diduga sianida.

Sianida adalah senyawa kimia. Di alam, sianida diproduksi oleh bakteri, jamur dan ganggang tertentu dan pada sejumlah tanaman. Sianida ternyata juga ditemukan dalam jumlah sedikit pada biji beberapa buah seperti apel, persik dan aprikot.

Sianida anorganik sendiri kadang-kadang digunakan secara ilegal untuk menangkap ikan dengan cara meracuni. Bahkan di Afrika, pemburu gelap mencampurkan sianida di kolam air untuk meracuni gajah. Sementara di negara seperti Selandia Baru, sianida digunakan untuk meracuni sejenis tupai karena dianggap sebagai ancaman untuk satwa lokal dan menularkan penyakit kepada ternak.

Senyawa ini sangat mematikan bila terhirup atau masuk ke dalam tubuh. Sianida akan menyerang semua jaringan sehingga sel-sel tubuh tidak bisa menggunakan oksigen atau disebut mengalami hipoksia yakni kekurangan oksigen dalam jaringan.

“Sianida merupakan racun paling mematikan yang merusak sistem saraf sentral dan sistem saraf otot,” ujar Spesialis Jantung RS Bunda, Dr. Dicky Armein Hanafy kepada Kompas.com.

Jika sianida terhirup, maka bisa menyebabkan terjadinya koma disertai dengan kejang dan gagal jantung. Dalam dosis rendah, bisa menyebabkan pingsan yang didului dengan rasa lemas, pusing, sakit kepala, vertio, kebingungan dan kesulitan bernafas.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge