0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

iPhone 7 Akan Pakai Teknologi LiFi?

Dok: Timlo.net/ Mercury News.
iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. (Dok: Timlo.net/ Mercury News.)

Timlo.net– iPhone baru Apple diperkirakan memakai teknologi terbaru yang mampu mengirim data 100 kali kecepatan WiFi. Pengembang aplikasi Chase Fromm menemukan kemungkinan ini saat menjelajahi bagian kode dari update iOS 9.1, yang dirilis pada Oktober 2015.

Terkubur dalam kode itu adalah referensi untuk “LiFiCapability”, secara tidak langsung menyatakan jika versi iPhone di masa mendatang akan mendukung LiFi, sebuah teknologi yang menggunakan cahaya untuk mengirim data lewat udara dan tidak menggunakan gelombang radio.

WiFi saat ini mampu mengirim data dengan kecepatan 7 gigabit per detik (Gbps), tapi tes menunjukkan jika LiFi bisa mentransfer data hingga 100 Gbps dan secara teori bisa meraih kecepatan 224 Gbps.

Dengan kecepatan ini, film berdefinisi tinggi bisa didownload dari iPhone yang memiliki koneksi LiFi dalam hitungan detik. Walaupun Fromm menyatakan jika fitur LiFi bisa dipakai di iPhone 7, tapi hal ini sepertinya tidak mungkin terjadi. LiFi saat ini masih dalam tahap pengembangan awal. Para peneliti memperkirakan jika teknologi ini baru siap dipakai secara komersial di akhir dekade ini.

Kelemahan terbesar LiFi adalah jika teknologi ini tidak bisa menembus dinding, karena memerlukan garis lurus antara transmitter dan alat pengguna. Alat pengguna juga perlu berada pada jarak tiga meter dari transmitter untuk bisa menangkap sinyal.

Peneliti dari beberapa universitas seperti Strathclyde, Edinburg, St Andrews dan Cambridge baru-baru ini berusaha membuat LiFi lebih praktis dan mudah diakses untuk perusahaan-perusahaan elektronik seperti Apple.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge