0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penghapusan P3N Bikin Kewalahan KUA

merdeka.com
buku nikah (merdeka.com)

Timlo.net — Penghapusan pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) melalui Surat Edaran Nomor KW.0/.02/1/KP.01.2/160/2015 Tentang Pelaksanaan Instruksi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) dinilai tak disertai solusi tepat. Akibatnya, tiap bulan pejabat Kantor Urusan Agama (KUA) kewalahan menikahkan ribuan pasangan.

Kepala Kantor Kemenag Palembang, Alfajri Zabidi menuturkan, jumlah P3N di Palembang sebanyak 142 orang. Selama ini mereka sangat membantu dalam menikahkan warga. Sebab, jumlah pasangan yang menikah di kota itu cukup tinggi, bisa menembus 1.200 pasangan.

“Kalau diserahkan ke KUA seluruhnya bisa kewalahan, tidak efektif,” ujar Alfajri, Selasa (19/1).

Pihaknya tidak bisa berbuat banyak terkait penghapusan P3N. Namun, Alfajri akan berupaya meminta pemerintah mempertimbangkan kembali keputusan itu.

“Kita akan ajukan permohonan kepada pemerintah agar P3N diaktifkan, sejauh ini cuma lima P3N yang difungsikan,” katanya.

Permohonan kepada pemerintah didukung sejumlah anggota DPRD Palembang. Alasannya, keputusan itu sangat merugikan banyak hal termasuk membuat P3N menganggur.

“Informasinya DPRD juga mendorong biar P3N diaktifkan lagi. Mudah-mudahan diterima,” tuturnya.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge