0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelantikan Pj Walikota Solo Digelar Pekan Ini

dok.timlo.net/heru murdhani
Pj Walikota Solo Budi Yulistyanto (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Pelantikan Budi Yulistianto sebagai Penjabat (Pj) Walikota Solo dipastikan digelar pekan ini di Semarang. Pelantikan Pj Walikota mendesak dilakukan mengingat jabatan Budi saat ini sebagai Pelaksana Harian (Plh) Pj Walikota dirasa sangat terbatas kewenangannya.

“Rencananya pelantikan dilakukan besok (Rabu), tetapi kok tidak memungkinkan. Surat Keputusan (SK) Pelantikan saat ini masih di meja Dirjen Otonomi Daerah, setelah itu baru masuk ke Mendagri. Ada proses adminstrasi yang memerlukan waktu. Jadi, kemungkinan pelantikannya Kamis atau Jumat,” kata Asisten Pemerintahan Setda Pemkot Solo Said Romadho kepada wartawan, Selasa (19/1).

Disisi lain, lanjut Said, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga masih bertugas di Papua. Padahal pelantikan Pj Walikota bakal dilakukan oleh Gubernur. Diperkirakan Gubernur baru kembali ke Semarang pada Selasa malam ini.

“Jadi, kepastiannya menunggu dari Semarang. Bisa Kamis atau Jumat,” ujar dia.

Said memaparkan, prosesi pelantikan Pj Walikota dilakukan di Semarang. Seluruh keperluan pelantikan seperti seragam Pj Walikota sudah siap. Dari Pemkot Solo, sebanyak 50 orang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, legislatif dan SKPD terkait bakal menghadiri pelantikan. Pelantikan juga bakal dihadiri Pj Bupati/Walikota se-Jawa Tengah.

Keberadaan Pj Walikota, sambung Said, diperlukan lantaran beberada hal seperti penandatangan Raperda tidak bisa dilakukan oleh Plh Pj Walikota. Meskipun keberadaan PJ Walikota nanti tidak lama karena pelantikan Walikota definiftif diprediksi tidak akan lama.

“Pelantikan Pj memang dipercepat karena banyak hal harus dilegalisasi seperti penetapan Perda yang harus dilakukan Pj. Walaupun umurnya Pj nanti hanya satu atau dua bulan,” ungkap dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge