0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kokain Sebabkan Otak Memakan Dirinya Sendiri

Kokain. (Dok: Timlo.net/ YouTube.)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru mengungkapkan jika kokain bisa membuat otak memakan dirinya sendiri. Para ahli menemukan jika obat itu memicu autophagy di luar kendali, yaitu sebuah proses di mana sel-sel mencerna diri sendiri secara harfiah.

Hampir satu dari 10 orang berusia 16 hingga 59 tahun di UK pernah menggunakan kokain walau cuma sekali dalam seumur hidup. Obat ini merupakan obat terlarang kedua yang paling banyak digunakan di negara itu selain ganja.

Dr. Prasun Guha, dari Johns Hopkins University School of Medicine di Amerika Serikat (AS), yang memimpin penelitian itu berkata: “Sebuah sel itu ibarat sebuah rumah tangga yang terus menerus menghasilkan sampah. Autophagy adalah proses di mana pengurus rumah membuat sampah ke luar, dan biasanya merupakan hal yang baik. Tapi kokain membuat pengurus rumah membuang hal-hal yang sangat penting seperti mitokondria, yang memproduksi energi untuk sel,” katanya.

Para peneliti melakukan pemeriksaan mayat, yang menunjukkan tanda-tanda jelas dari autophagy yang menyebabkan sel-sel otak pada tikus mati karena kokain dosis tinggi. Mereka juga menemukan bukti autophagy pada sel-sel otak tikus yang induknya menerima kokain saat masih hamil.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge