0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Khasiat Cabe, Jambu, Jahe dan Kunyit bagi Kesehatan

dok.timlo.net/tyo eka
Prof Bambang Pujiasmanto (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Peneliti tanaman obat Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Bambang Pujiasmanto mengungkapkan, khasiat hasil tanaman obat tradisional Indonesia bisa disejajarkan dengan obat modern atau fitofarmaka.

“Obat yang berasal tanaman obat tersebut sudah dibuktikan khasiat dan keamanannya berdasarkan uji klinik,” jelas Bambang kepada wartawan, di Fakultas Pertanian UNS, Solo, Senin (18/1).

Tanaman obat, menurut Prof Bambang Pujiasmanto yang juga Dekan Fakultas Pertanian UNS, antara lain, salam, sambiloto, kunyit, temulawak, jati Belanda, cabe Jawa, mengkudu atau pace, jambu biji dan jahe merah. Tanaman obat tersebut memiliki khasiat yang bisa dijadikan sebagai obat bahan alam sejajar dengan obat modern atau fitofarmaka.

Misalnya salam, kata Bambang, bagian daunnya memiliki khasiat untuk mengobati diabetes, imunomodulator dan antihipertensi. Sambiloto bagian tanamannya mampu mengobati antiinflamasi, antimikroba dan diabetes. Kunyit bagian rimpang berkhasiat menurunkan hepatoprotector, antiinflamasi, dan dyspepsia (gangguan pencernaan).

Kemudian temulawak bagian rimpang berkhasiat atasi gangguan pencernaan, antiinflamasi. Jati Belanda bagian daun mampu menurunkan kolestrol, dan diabetes. Cabe Jawa bagian buah berkhasiat sebagai anabolik dan androgenik. Mengkudu bagian buah mampu menghilangkan diabetes, antihipertensi dan imonomodulator. Jambu biji bagian daun untuk mengobati demam berdarah, dan jahe merah berkhasiat untuk rheumatik.

“Sayang belum semua orang mengetahui manfaat yang ada pada tanaman obat. Padahal tanaman obat tersebut hampir seluruhnya bisa dimanfaatkan, baik daun, batang, akar atau bunganya,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge