0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prof Hartono: Dokter Layanan Primer Harus Kuat

dok.timlo.net/tyo eka
Prof Dr dr Hartono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketua Umum Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Prof Dr dr Hartono mengungkapkan, mayoritas dokter di Indonesia adalah dokter umum. Sebagian kecil saja yang merupakan dokter spesialis, karena kemampuan dokter spesialis terbatas.

“Jumlah total sekarang ada 106.000 dokter, 28.000 dokter di antaranya dokter spesialis. Sisanya adalah dokter umum,” ungkap Prof Hartono kepada wartawan, di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Senin (18/1).

Dokter umum, menurut Hartono, bekerja sebagai dokter pelayanan primer, seperti Puskesmas, klinik, praktek mandiri, balai pengobatan dan sebagainya. “Sehingga sekitar 80 persen dokter umum bekerja sebagai pelayan primer,” jelas Prof Hartono yang juga Dekan Fakultas Kedokteran UNS.

Karena itu, kata Hartono, Fakultas Kedokteran UNS menciptakan dokter yang berorientasi pada komunitas. Itulah kenapa mahasiswa Pendidikan Dokter di UNS sejak semester satu hingga lulus diturunkan ke lapangan, dibiasakan pembelajaran di lapangan agar kuat bekerja dalam layanan primer.

“Di Indonesia ini dokter layanan primer harus kuat,” tandasnya.

Kalau sudah kuat, kata Hartono, pasien yang sakit tidak langsung ke dokter spesialis tetapi ke dokter umum di layanan primer. Karena yang benar, pasien sakit tidak langsung ke dokter spesialis tetapi ke dokter umum dulu seperti dokter keluarga, puskesmas dan sebagainya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge