0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Ancang-ancang Bangun Gedung Parkir Pasar Gede

Suasana depan Pasar Gede yang lenggang akibat larangan parkir (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo merencanakan membangun gedung parkir di kawasan Pasar Gede. Gedung parkir dua lantai itu dirancang menampung 900 sepeda motor dan 150 kendaraan roda empat.

“Tiga bulan ini kami coba siapkan DED (Detail Enginering Design)-nya dulu. Kalau DED-nya selesai, anggarannya bisa diajukan di APBD Perubahan 2016,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dishubkominfo Solo, M Usman kepada wartawan di kompleks Balaikota, Senin (18/1).

Menurut Usman, pembuatan gedung parkir merupakan bagian kelanjutan penataan kawasan Pasar Gede yang dimulai tahun lalu. Tahun lalu, penataan lalu kawasan Pasar Gede digelontor angaran Rp 5 Miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Penatan Pasar Gede kan baru 50 persen. Yang disentuh kan baru di Jl Urip Sumoharjo Rp 5 Miliar di tahun lalu. Kalau kita lihat penataan makro desain kawasan Pasar Gede kan butuh Rp 14 Miliar. Kan kurang Rp 9 Miliar. Ya tidak menarget Rp 9 Miliar, mungkin kita gedung parkirnya dulu. Rp 9 Miliar itu kan sama tempat bongkat muat barang,” jelas Usman.

Rencananya, lanjut Usman, gedung parkir dua lantai itu bakal dibangun di sisi utara Pasar Gede. Lantai dua diperkirakan mampu menampung 900 sepeda motor. Sedangkan lantai satu dirancang untuk menampung 150 kendaraan roda empat. Keberadaan gedung parkir di Pasar Gede diharapkan mampu menjadi solusi keterbatasan lahan parkir di Kawasan Pasar Gede seiring penataan parkir di kawasan itu.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Solo, Rahmat Sutomo mengatakan pembangunan gedung parkir Pasar Gede merupakan solusi jangka panjang penataan parkir di Pasar Gede. Keberadaan gedung parkir Pasar Gede menjadi bagian tidak terpisahkan penataan kawasan Pasar Gede yang alokasi anggarannya diproyeksikan menelan dana Rp 15 Miliar.

“Pemkot tetap memprioritaskan penyelesaian penataan. Tentunya kan melihat kemampuan anggaran. Tahun lalu kan baru dapat Rp 5 Miliar dari Pemprov Jateng,” ungkap dia.

Untuk diketahui, rencana pembangunan gedung parkir ini merupakan rencana kedua. Sebelumnya, Pemkot juga merencanakan membuat gedung parkir di Lapangan Kota Barat dan Sriwedari.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge