0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

324 KK Warga Genangan WKO Tempati Lokasi Baru

timlo.net/nanin
Warga WKO mulai membangun rumah di lokasi relokasi Dusun Sendangmulyo, Desa Kedungmulyo, Kemusu, Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Sebanyak 324 Kepala Keluarga yang tinggal di daerah genangan Waduk Kedung Ombo, Kemusu, menempati lokasi baru. Mereka menempati lahan bekas Perhutani di petak 172 dan 173 dengan luasan 53 hektar di Dusun Sendang Mulyo, Desa Kedungmulyo, Kemusu, Senin (18/1).

“Kalau banjir ya tergenang air waduk, tapi sekarang tidak lagi,” ucap salah satu warga yang terkena relokasi, Wardi (74) saat ditemui di lokasi.

Di lokasi yang baru, dua bangunan rumah yang terbuat dari kayu terlihat sudah mulai didirikan. Wardi mengaku senang telah mendapatkan tempat tinggal yang baru. Selama ini, Wardi tinggal di daerah genangan di Mlangi, Kemusu.

Meski begitu, di lokasi yang baru saat ini belum ada fasilitas air bersih dan listrik. Selain Wardi, masih banyak kepala keluarga yang akan menempati lokasi baru. Beberapa diantarannya bahkan sudah diberi pembatas menggunakan tali plastik.

Sementara itu, tokoh warga WKO, Jaswadi, mengatakan relokasi kali ini merupakan tahap kedua. Relokasi pertama dilakukan di tahun 1989 dan terhenti di tahun 1998 karena masalah ganti rugi tanah. Setidaknya saat ini masih ada 648 berkas yang belum selesai di Pengadilan Negeri.

“Kalau warga masih ada 1.500-an KK yang belum terelokasi,” ungkap Jaswadi.

Sementara di lokasi yang baru, lanjut Jaswadi, untuk bisa menempati lahan, warga harus menunjukkan kwitansi luasan lahan dari Pengadilan. Mereka sama sekali tidak dipungut biaya apapun, hanya membayar lahan Rp 200 rupiah per meterpersegi. Sedangkan untuk sertifikat digratiskan.

Ketika disinggung kemungkinan lahan akan ditinggalkan atau diperjual belikan, Jaswadi mengatakan akan melakukan pengawasan untuk menghindari hal tersebut.

“Kalau diperjual belikan atau ditinggalkan, maka kepemilikan akan dicabut dan sertifikat tidak dibagikan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge