0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PKMS Dihapus, UPTD PKMS Tetap Dipertahankan

dok.timlo.net/dhefi nugroho
Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Meski program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) sudah dilebur ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tetap mempertahankan keberadaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PKMS. Keberadaan UPTD diperlukan untuk menangani keluhan kesehatan dan migrasi PKMS ke JKN.

“Kalau kewenangannya bukan di saya. Tetapi, nanti dikaji, apakah mau dilebur atau tetap UPTD. Tetapi menurut saya, eksistensinya (UPTD PKMS)  tetap diperlukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih kepada wartawan, Senin (18/1).

Menurut Ning, sapaan akrab Siti Wahyuningsih, UPTD PKMS tetap diperlukan untuk menangani sejumlah persoalan. Diantaranya menyangkut pembayaran premi BPJS hasil migrasi PKMS Gold dan keluhan-keluhan pelayanan kesehatan yang muncul. Selain itu, UPTD PKMS juga menangani persoalan data warga miskin yang sifatnya sangat dinamis.

“Misal ada data yang kemarin belum masuk kriteria miskin, tetapi sekarang masuk miskin. Kan harus segera dibayar preminya, kita harus koordinasi mengenai pembayaran,” ujar dia.

Meski UPTD PKMS tetap dipertahankan, tidak menutup kemungkinan jumlah personil UPTD akan dikurangi. Jumlah pegawai UPTD PKMS akan disesuaikan dengan beban kerja kedepan. Jumlah personil menyesuaikan dengan beban kerja sembari memperhatikan aspek pelayanan agar tetap fokus dan cepat memberi pelayanan.

Senada, Pelaksana Harian (Plh) Penjabat Walikota Solo, Budi Yulistianto menyampaikan UPTD PKMS tetap diperlukan untuk menangani migrasi PKMS Gold ke JKN. Selain itu, pemegang PKMS Silver yang perlu diintervensi juga bagian penanganan UPTD PKMS.

“UPTD PKMS tetap perlu ada. Kalau Perwali (Peraturan Walikota) PKMS-nya kan sudah kita ubah dengan mekanisme baru. Kalau tidak ada nanti yang menangani siapa, misalnya ada pemegang PKMS meninggal atau tambah,” ungkap dia.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge