0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Punya Rumah Diminta Tak Tinggal di Rusunawa

dok.timlo.net/daryono
Rusunawa Kerkov, Jebres, Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendorong penghuni rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang sudah mapan agar tidak lagi tinggal di Rusunawa. Pemkot mengaku kesulitan memantau perkembangan ekonomi penghuni Rusunawana setelah tinggal di Rusunawa.

“Memang di UPTD Rusunawa kan ada kriteria siapa yang berhak (menempati Rusunawa). Artinya rumah sewa itu tidak untuk seumur hidup. Mestinya kalau dia sudah punya rumah tinggal ya dia legowo untuk pindah,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo, Endah Sitaresmi kepada wartawan, Senin (18/1).

Sita menambahkan, pihaknya kesulitan mendata secara detail mana penghuni yang masih layak, mana yang sudah tidak layak tinggal di Rusunawa. Sita berharap, penghuni memiliki kesadaran untuk tidak tinggal selamanya di Rusunawa.

“Nyewa di Rusunawa itu kan untuk yang tidak punya punya tempat tinggal. Kalau sudah ada tempat tinggal kan bisa dipakai orang lain. Itu kan fasilitas Pemkot untuk memfasilitasi masyarakatnya yang belum mampu,” ungkap dia.

Disinggung apakah sudah ada penghuni Rusunawa yang dikeluarkan, Sita menyampaikan ada penghuni Rusunawa yang dikeluarkan. Namun, penghuni yang dikeluarkan bukan karena sudah tidak layak, tetapi karena sebab lain. Hingga saat ini juga belum ada aturan yang mewajibkan setelah sekian tahun penghuni harus keluar dari Rusunawa.

Sementara, Pelaksana Harian (Plh) Penjabat Walikota Solo, Budi Yulistianto mengakui Pemkot belum memiliki data atau kajian berapa penghuni Rusunawa yang keluar dari Rusunawa lantaran sudah mapan. Namun, UPTD Rusunawa bisa mendata penghuni Rusunawa  yang dianggap tidak lagi memenuhi syarat di Rusunawa.

“Kan kita punya UPTD Rusunawa, mestinya UPTD itu yang menginventarisir penghuni-penghuninya mana yang layak dan mana yang tidak layak. Kemarin UPTD juga sudah menyampaikan tidak selamanya penghuni tinggal di Rusunawa,” ujar dia.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge