0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan Tagih Upaya Penertiban PKL di City Walk

Wakil Ketua Pansus Permit Pelimpahan Aset Pedaringan, Quatly Abdulkadir Alkatiri, (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Sejumlah kalangan meminta janji Pemkot Solo untuk melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di kawasan City Walk Jalan Slamet Riyadi. Selama ini, Pemkot dinilai mengulur waktu sehingga PKL yang telah dibereskan di kawasan tersebut kembali menjamur.

“Tempat baru kan sudah disediakan oleh Dinas Pengelolaan Pasar. Harusnya mereka pindah, tidak terus-terusan menempati kawasan City Walk. Sedangkan, janji Pemkot hingga saat ini terkait penataan juga belum terealisasi,” kata Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Solo, Quatly Abdulkadir Alkatiri saat dihubungi, Minggu (17/1).

Pihaknya, meragukan keseriusan Pemkot dalam menerapkan Perda No 1/2013 tentang Penyelenggaraan Perhubungan. Perda tersebut mengamanatkan jalur pedestrian merupakan hak para pejalan kaki. Saat ini masih banyak PKL yang meluber di City Walk Jl Slamet Riyadi meski rencana penertiban telah mencuat sejak tahun lalu.

“Terus terang kami ragu, apakah Pemkot mampu mengatasi masalah PKL yang kian menjamur dikawasan tersebut,” terang Quatly.

Quatly menekankan, pedagang telah melanggar aturan dengan nekat berjualan di City Walk. Menurutnya, keberadaa PKL ditambah masalah lain parkir kendaraan yang sembarangan membuat kawasan City Walk mulai tidak nyaman untuk para pejalan kaki.

“Untuk mengembalikan hak pejalan kaki, kami harap Pemkot tidak ragu untuk melakukan terobosan-terobosan baru,” tandas anggota Komisi II DPRD Solo itu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge