0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas, Bercanda Soal Bom di Bandara Bisa Dihukum!

Ignasius Jonan (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Hati-hati berkelakar soal teroris atau soal bom di bandara. Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menegaskan bahwa pelaku kelakar ada bom di bandara harus diproses sesuai Undang-undang penerbangan dan peraturan-peraturan terkait.

Beberapa hari terakhir ini, candaan ada bom kerap terjadi di bandara Jogyakarta, Pekanbaru dan Makassar. Pelakunya mulai dari nenek-nenek, PNS hingga polisi berpangkat Iptu, anggota TNI berpangkat Mayor dan Letkol.

“Kalau ada candaan atau kelakar seperti itu harus diproses menurut UU Penerbangan dan peraturan-peraturan lain terkait itu. Yang memproses pelakunya adalah Penyidik PNS yang sudah dilatih untuk menyelidiki semua kegiatan terkait keamanan penerbangan,” tegas Jonan, Sabtu, (16/1).

Menurutnya, tidak ada sanksi atau semacam blacklist terhadap pelaku dalam memanfaatkan jasa penerbangan karena yang dijalankan adalah proses hukum saja.

“Biar masuk ke pengadilan dan pengadilan yang putuskan,” ujar dia.

Dia menambahkan dalam proses pemeriksaan para pelaku mungkin tidak terbukti adanya unsur pengancaman. Namun, dinilai dia kelakar ada bom adalah perbuatan memberikan informasi palsu.

“Informasi bohong maka proses hukumnya tetap harus berjalan sebagaimana amanah UU No 1 tahun 2009 tentang penerbangan,” tandas Jonan.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge