0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Labfor : Bom Sarinah Mirip Peledak di Masjid Polresta Cirebon

Ledakan di pos polisi Sarinah (merdeka.com)

Timlo.net — Pusat Laboratorium Forensik Polda Metro Jaya menemukan barang bukti bahan peledak bom di Pos Polisi Sarinah berupa tabung gas 3 kg, bohlam lampu, aki motor dan kawat. Bahkan polisi juga menemukan serbuk, paku serta lempengan besi.

“Bahan peledak tabung gas 3 kg sebagai cashing ditemukan serpihan, ada pemicu terbuat dari bohlam lampu kalau dipecah ada kawat dihubungkan batrei berupa aki sepeda motor. Berarti membutuhkan kekuatan besar dibanding baterai biasa. Isian serbuk peledak berhasil diledakan serta ditambah paku-paku mur, lempengan besi bulat penutup membahayakan sekitar,” kata Sespuslabfor Polda Metro Jaya Kombes Hudi Suryanto Jumat (15/1).

“Dari ketiga lokasi ledakan, kami olah TKP dan berhasil mengumpulkan beberapa bukti apakah itu bahan peledak atau petasan dan lain-lain. Dan unsur bahan peledak itu diantaranya detonator, cashing, power dan rangkaian kabel, isian bahan peledak, dan switching. Dari ketiga TKP unsur semua dari labfor ternyata masuk dalam kategori low explosive. Kalau bunyi keras, berapa banyak isian dalam ledakan tersebut,” imbuh dia.

Sementara lokasi bom di Kafe Starbucks, kata Hudi Suryanto, polisi menemukan barang bukti bahan peledak yaitu pipa besi, paku, bohlam lampu, dan aki motor.

“Hubungannya sudah kami identifikasi, bahan peledak ada juga di tubuh tersangka, dibawa dan pelaku ada yang meledakan diri dan ada yang diledakan. Sisanya juga ada menempel di tubuh dia (pelaku),” jelas dia.

Lanjut dia, pelaku diduga teroris bisa mendapatkan bahan peledak tersebut secara bebas. Sedangkan senjata yang dipakai pelaku teroris masih dilakukan pemeriksaan.

“Data base yang berhasil kami himpun, bahan peledak ini mirip beberapa lokasi terjadi di Polresta Cirebon dalam masjid isinya sama, kemiripan juga di Beji, Depok,” tandasnya.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge