0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Genjot Pendapatan, Pemkab Bakal Naikkan Pajak Pasir Merapi

Dok.Timlo.net/ Rori
Penambangan pasir. (Dok.Timlo.net/ Rori)

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berencana menaikkan pajak penambangan pasir atau galian C di kawasan lereng Gunung Merapi. Sebab sudah beberapa tahun terakhir tidak mengalami penyesuaian pajak.

“Sudah kami sampaikan ke DPPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) untuk evaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan harga saat ini. Karena sudah lima tahun tidak mengalami penyesuaian,” kata Asisten Setda Bagian Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Purwanto Anggono Cipto, Jumat (15/1).

Dikatakan, tarif pajak pasir tambang galian C beberapa tahun lalu diberlakukan Rp 10 ribu. Dengan taksiran harga pasir untuk satu rit Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu di lokasi tambang.

Sebaliknya, menurut dia, kondisi saat ini harga pasir di pasaran kisaran Rp 500 ribu. Idealnya, setiap tahun dilakukan penyesuaian tarif pajak pasir galian C sesuai perkembangan harga di lapangan.

“Rencananya pajak pasir akan kita naikkan dari Rp 10 ribu menjadi sekitar Rp 20 ribu per rit. Karena yang terjadi di pasaran meningkat dua hingga tiga kali lipat. Kita sudah ketinggalan,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge