0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ajaran Seksual Serat Centhini Hantar Nurnaningsih Raih Doktor

timlo.net/eko prasetyo
Ajaran Seksual Serat Centhini Hantar Nurnaningsih Raih Doktor (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Ajaran seksual dalam Serat Centhini karya Paku Buwana V telah menghantar mahasiswa Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Nurnaningsih meraih gelar Doktor UNS ke 174.

Nurnaningsih berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Metafora Alat-alat Seksual, Aktivitas Seksual dan dampak Aktivitas Seksual dalam Serat Centhini Karya Paku Buwana V, di depan dewan penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc PhD di ruang Sidang Senat UNS, Solo, Jumat (15/1).

“Metafora Alat-alat Seksual dalam Serat Centhini lebih memiliki makna ke ranah Ibadah, bukan sekedar untuk kesenangan,” jelas

Nurnaningsih yang kesehariannya sebagai dosen Universitas Bangun Nusantara. Menurutnya, metofora alat seksual dalam Serat Centhini ini tidak hanya tujuan semacam vulgar kesenangan nafsu belaka, tetapi menuju ke ranah ibadah atau kesucian, menuju kesucian manunggaling Kawula Gusti. Ajaran seks dalam Serat Centhini dipandang sebagai representasi dunia batin yang sentral dan lebih ke arah spiritual.

Ia menyatakan, karya sastra ciptaan Paku Buwana V mengandung Ilmu Pengetahuan yang perlu diketahui masyarakat. Karya ini ditulis dengan bahasa Jawa yang indah.

“Sastrawan sering menyebutnya sebagai ensiklopedi kebudayaan,”ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge