0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Ormas Bentuk Forum Solidaritas Untuk RS

timlo.net/agung widodo
Forum Solidaritas Untuk RS melakukan aksi triatikal yang menggambarkan perlakuan pelecehan seksual terhadap RS, Jumat (15/1). (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Simpati terhadap derita RS (15), gadis SMP yang menjadi korban dugaan pelecehan seksual terus mengalir. Kali ini sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) mendesak Polres Sragen untuk menangani kasus pelecehan itu hingga pelaku mendapat hukuman setimpal.

“Kasus ini sudah menjadi isu nasional. Kita akan melakukan semacam aksi moral untuk mengawal kasus ini. Ini sangat memprihatinkan, kita minta polisi bertindak tegas,” kata Ketua KNPI Sragen, Taufiq Nugroho saat menggelar jumpa pers di sebuah rumah makan di Sragen, Jumat (15/1).

Dalam pertemun yang dihadiri beberapa ormas dan LSM seperti Gerkan Rakyat Bersatu (GRB), Kompak HAM dan KNPI itu sepakat untuk membentuk Forum Solidaritas Untuk RS. Forum ini akan melakukan pengawalan dan pemantauan secara ;angsung terhadap RS dan penangaan hukum terhadap pelaku pelecehan.

Ketua Presidium GRB, Lucky SN mengatakan, apa yang dilakukan pasangan suami istri Sukamto (52) dan Wiji Lestari (37), warga Karangmalang adalah bentuk kriminalisasi terhadap anak. Untuk itu aparat penegak hukum harus mengambil langkah tegas. Dia juga mendesak pemerintah untuk turun tangan dan memberikan perlindungan terhadap RS.

Sementara Dalimin dari Kompak HAM mengaku telah mendatangi rumah orang tua asuh RS, begitu mendengar ada kabar soal penelanjangan dan diarak di muka umum yang dialami RS. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk membuat gerakan moril kepada korban.

“Pelaku ini sangat sadis. Karena selain menelanjangi dan mengarak korban, pelaku juga merekam dengan video dari ponsel dan menyebarkannya ke media sosial,” kata Dalimin.

Dalam kesempatan tersebut, secara spontanitas, setelah pembentukan Forum Solidaritas Untuk RS, mereka membuat aksi triatikal yang diperagakan anggota forum. Dalam aksi itu digambarkan, RS diarak pelaku di jalan umum. Pada lehernya dikalungkan sandal jepit dan baju, barang-barang yang diduga telah dicuri RS dari keluarga Sukamto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge