0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

71 Pendamping Desa di Klaten Mulai Diterjunkan

Kantor Bupati Klaten (dok.timlo.net/gg)

Klaten — Menindaklanjuti Undang Undang (UU) Desa, 71 pendamping desa hasil seleksi di tingkat provinsi bakal diterjunkan di 391 desa di Kabupaten Klaten.

“Sudah kami serahkan (pendamping desa) ke pemerintah kecamatan. Selain 71 pendamping, juga ada enam tenaga ahli atau fasilitator di tingkat kabupaten,” ujar  Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten, Herlambang Jaka Santosa, Jumat (15/1).

Dijelaskan, 71 pendamping desa dan enam fasilitator pemberdayaan tersebut dibentuk melalui surat keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah. Untuk komposisinya, masing-masing kecamatan berbeda jumlah pendampingnya.

Disebutkan, kecamatan dengan satu hingga lima desa, jumlah pendampingnya satu orang. Kemudian kecamatan dengan lima hingga 10 desa jumlah pendamping dua orang, dan kecamatan dengan wilayah lebih dari 10 desa disiapkan tiga pendamping.

“Maksimal tiga orang untuk mendampingi satu kecamatan. Tugas mereka di lapangan nanti untuk mengawal proses RPJMDes, APBDes, serta masalah teknis lainnya,” sebut Herlambang.

Diharapkan, para pendamping desa bisa segera melaksanakan tugasnya, khususnya dalam penyusunan APBDes. Pasalnya, target penyusunan APBDes seluruh desa rampung pada 2016.

“Target kami akhir Januari ini selesai. Kalau belum selesai, otomatis ADD tidak cair,” ujarnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge