0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Maret, Pembangunan Pasar Klewer Tahap II Dimulai

dok.timlo.net/daryono
Pembangunan Pasar Klewer, Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Dinas Pengelola Pasar (DPP) Solo menargetkan pembangunan Pasar Klewer tahap II dimulai pada awal Maret mendatang. Hal ini setelah DPP mendapatkan kepastian kucuran anggaran pembangunan Klewer tahap II sebesar Rp 96 miliar dari pemerintah pusat.

“Kemarin kita ke Jakarta menyerahkan proposal, DED (Detail Enginering Design) dan RAB (Rincian Anggaran dan Biaya)-nya. Sudah disetujui Rp 96 miliar,” kata Kepala DPP Solo Subagiyo kepada wartawan, Jumat (15/1) di ruang kerjanya.

Alokasi anggaran tahap II, ujar Subagiyo, sesuai dengan usulan kebutuhan anggaran yang diajukan Pemkot. Meskipun sebelumnya Pemkot sempat memperkirakan kebutuhan anggaran Pasar Klewer tahap II sebesar Rp 100 miliar. Namun, setelah dihitung kembali sesuai kebutuhan riil, Pemkot mengajukan Rp 96 miliar dan disepakati pemerintah pusat.

Saat ini, lanjut Subagiyo, DPP tinggal menunggu audit RAB anggaran yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Perdagangan. Setelah proses audit RAB selesai, DPP segera memasukkan anggaran pembangunan Klewer tahap II ke Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Dijadwalkan pada 21-22 Januari ini sudah tayang lelang.

“Harapan kami 22 Februari lelang sudah selesai. Sehingga 1 Maret pekerjaan bisa dimulai dengan masa pekerjaan 300 hari,” beber dia.

Subagyo menjelaskan, pekerjaan tahap II berupa pembangunan kios hingga proses finishing. Jumlah kios yang dibangun sejumlah 1.532 kios dan 137 kios renteng. Desain pembangunan tahap II juga sudah dikomunikasikan dengan pedagang.

Untuk diketahui, pembangunan Pasar Klewer yang terbakar 27 Desember 2014 silam sudah dimulai tahun lalu. Pembangunan tahap pertama berupa pekerjaan struktur dengan anggaran Rp 59,618 miliar dikerjakan tahun lalu. Adapun pekerjaan tahap II ditarget selesai tahun ini. Total anggaran pembangunan Pasar Klewer sebesar Rp 155, 618 miliar yang bersumber dari APBN.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge