0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPI Temukan Pemberitaan Bom Sarinah yang Dilebih-lebihkan

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menemukan sejumlah pemberitaan yang tidak patut, tidak akurat dan bahkan dilebih-lebihkan terkait kasus teror di Gedung Sarinah. Akibat informasi yang tak benar itu, menimbulkan kepanikan terhadap masyarakat.

Komisioner KPI Pusat Koordinator Bidang Pengawasan Isi siaran, Agatha Lily mengatakan, berdasarkan pemantauan yang dilakukan KPI, pemberitaan yang dianggap berlebihan dan tidak akurat seperti lokasi kejadian. Beberapa televisi dan radio memberitakan adanya teror susulan di Cikini, Slipi, Kuningan, Palmerah dan Tangerang.

“Padahal pihak kepolisian menyampaikan bahwa informasi tersebut tidak akurat dan berasal dari sumber yang tidak bertanggung jawab,” kata dia dalam pesan singkatnya, Jakarta, Kamis (14/1).

KPI juga menyayangkan pengambilan gambar korban dalam keadaan luka dan darah sehingga menimbulkan kengerian. Lembaga penyiaran baik televisi maupun radio seharusnya memahami prinsip-prinsip jurnalistik dalam menyajikan berita.

“Yakni akurat, tidak membuat berita bohong, tidak mengeksploitasi korban dan tidak mencampuradukkan fakta dan opini pribadi,” ucapnya.

Selain itu, KPI memberikan apresiasi kepada media yang secara sungguh-sungguh melakukan proses verifikasi sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang tepat. Di tengah tragedi ini, media massa sepatutnya mengutamakan tanggung jawab sosial (social responsibility) agar dalam semua pemberitaannya bukan hanya mengejar aktualitas belaka.

“KPI menyampaikan turut berduka sedalam-dalamnya atas tragedi bom Sarinah. Kami berharap agar media dapat mendukung pemerintah dalam upaya menindak para pelaku dan mengembalikan ketenangan seluruh masyarakat Indonesia dengan menyajikan berita yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku,” tutur Agatha.

[lia]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge