0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Aturan Musda DPD PAN Kota Solo

timlo.net/achmad khalik
Wakli ketua DPRD Solo, Umar Hasyim (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Mekanisme pemilihan Ketua DPD PAN Kota Solo berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, penentuan calon ketua tahun ini menggunakan mekanisme formatur.

“Ada lima formatur (plus satu perwakilan DPW) yang akan memutuskan siapa di antara mereka yang menjadi calon ketua. Suara harus bulat. Jika tidak mufakat, keputusan akan dibawa ke DPW,” kata Ketua DPD PAN Kota Solo, Umar Hasyim, Kamis (14/1).

Sebanyak 66 pemilik suara perwakilan ranting kelurahan, kecamatan, DPD, MPW maupun DPW Jateng memilih empat formatur untuk kemudian menentukan calon ketua.

Pada dasarnya, kata Umar, seluruh kader PAN dapat dicalonkan menjadi ketua DPD. Dia hanya menggaris bawahi kader harus belum pernah menyalahi AD/ART partai maupun belum pernah dihukum dengan masa tahanan lima tahun lebih. Tidak ada syarat lama keanggotaan di partai.

“Tapi, nantinya ada aturan khusus yang menyiratkan kearifan lokal PAN Solo. Ada usulan formatur yang diusung harus memiliki dukungan minimal beberapa ranting. Ini untuk memperkuat legitimasi. Jumlah pastinya masih dibahas,” tutur Sekretaris DPW PAN Jateng itu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge