0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TPID Solo Siapkan Strategi Untuk Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok

Setyo Pujis
Bandoe Widiarto (Setyo Pujis)

Solo – Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Solo, terus berupaya melakukan beberapa langkah agar dapat menekan tingginya harga kebutuhan pokok di pasaran. Diantaranya dengan meningkatkan kerjasama dengan daerah produsen agar terjadi pemerataan pasokan di Jawa Tengah.

“Kita terus mencoba mempelajari kasus naiknya harga di pasaran ini. Namun demikian kita menilai memang lebih didominasi pasokan yang kurang,” ujar Wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Kamis (14/1).

Hal itu mengingat kota Solo selama ini mengandalkan pasokan dari luar kota, seperti Brebes, Cepogo, Wonosobo dan lainya. Sehingga sangat wajar jika harga yang terjadi cenderung fluktuatif karena menyesuaikan jumlah pasokan barang.

“Sebagai solusi jangka pendek memang bisa saja menggelar operasi pasar jika memang harga terus merangkak naik,” jelasnya.

Sedangkan untuk langkah jangka panjang, Bandoe menyampaikan jika akan terus meningkatkan kerjasama antar masing-masing daerah di Jawa Tengah. Hal itu diperlukan agar ada pemerataan pasokan antara daerah produsen dan yang tidak.

“Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini masih banyak daerah produsen yang sengaja mengirim barangnya keluar Jateng. Hal itu karena harga diluar lebih tinggi ,” jelasnya.

Namun demikian dirinya tidak bisa membenarkan kondisi tersebut terus dibiarkan terjadi. Karena bagaimanapun juga keamanan pasokan diwilayah sendiri menjadi prioritas pertama sebelum mengirimnya keluar daerah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge