0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiap Hari, PA Klaten Putuskan 5 Kasus Perceraian

dok.timlo.net/aditya wijaya
Pengadilan Agama Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Angka perceraian di Kabupaten Klaten selama 2015 mencapai 1.911 perkara. Sebagian besar gugatan perceraian dilakukan oleh pihak perempuan terhadap pihak laki-laki atau cerai gugat.

“Total kami menerima 2.019 perkara gugatan perceraian. Sedangkan yang sudah diputuskan mencapai 1.911 perkara,” kata Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama (PA) Klaten, Wassalam, Kamis (14/1).

Disebutkan, dari 1.911 perkara yang diputuskan, gugatan perceraian oleh istri paling tinggi dengan jumlah 1.334 dari 1.404 perkara. Sementara, cerai talak yang dilakukan suami mencapai 577 perkara dari 615 perkara yang masuk.

Sehingga setiap harinya PA Klaten rata-rata memutuskan lima perkara perceraian atau 159 perkara setiap bulannya. Hal itu berdasarkan data dari Januari hingga Desember 2015.

“Paling banyak cerai gugat oleh sang istri. Faktor penyebabnya macam-macam, seperti gangguan pihak ketiga, atau sudah merasa tidak harmonis lagi, dan lain sebagainya,” sebut Wassalam.

Sebelum menggelar sidang perceraian, pihaknya biasa melakukan mediasi semaksimal mungkin. Harapannya, rumah tangga pasangan kembali rukun.

“Ya tentu kita lakukan mediasi terlebih dahulu. Tapi keputusan terakhir tetap di tangan pasangan yang bersangkutan,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge