0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

142 ABG Klaten Minta Dispensasi Menikah

dok.timlo.net/aditya wijaya
Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Klaten, Wassalam (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Ratusan pasangan suami-istri yang usianya masih belum mencukupi umur menerima dispensasi pernikahan. Hal itu berdasarkan data Pengadilan Agama Klaten sejak Januari hingga Desember 2015.

“Sepanjang 2015 total kami menerima permohonan dispensasi kawin sejumlah 142 perkara. Sedangkan yang diputus sebanyak 141 perkara,” kata Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Klaten, Wassalam, Kamis (14/1).

Dijelaskan, sesuai Undang Undang (UU) No 1/1974 pasal 7 tentang pernikahan, dispensasi kawin ialah permohonan dispensasi bagi calon mempelai yang belum memenuhi ketentuan batasan usia minimal pernikahan, yakni kurang dari 19 tahun untuk pria dan kurang dari 16 tahun untuk wanita.

“Sebelum menikah, bagi calon mempelai pria yang usianya kurang dari 19 tahun dan mempelai wanita kurang dari 16 tahun harus ada izin dispensasi dari Pengadilan Agama. Itu ibarat membuat KTP (kartu tanda penduduk), kalau belum 17 tahun tidak boleh,” jelas Wassalam saat ditemui di kantornya.

Ditanya alasan calon pasangan suami istri mengajukan dispensasi kawin, Wassalam enggan merincinya. Namun ada alasan tertentu yang membuat seseorang melakukan pernikahan dini.

“Ya kebanyakan si perempuan hamil duluan. Tapi tidak semuanya,” bebernya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge