0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI AL Janji Pelaku Penganiayaan Ditindak Tegas

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – KT (12) menjadi korban penganiayaan oknum anggota TNI di Cilandak, Jakarta Selatan, pada Minggu (10/1). Korps Marinir memastikan ulah ketiga anggotanya, Y, I dan B tak terjadi lagi.

“Kepada publik dan keluarganya kami mohon maaf. Kami menyesalkan. Jaminan keamanan keluarga korban itu 200 persen. Kita berharap adik kita itu sembuh, cepat sehat,” terang Kadispen Korps Marinir, Letkol Marinir Suwandi, Rabu (13/1).

Dijelaskannya, kasus ini masih dalam proses penyidikan. Meski demikian, dia tetap tak setuju dengan tindakan main hakim sendiri yang dilakukan tiga anak buahnya.

“Kita juga komit dengan penegakan disiplin. Ini masih dalam proses pengusutan, sehingga nanti dari beberapa fakta-fakta itu baru bisa disimpulkan sanksinya apa. Kalau memang dibawa ke penegak hukum kita dukung. Kasus ini sudah di Provost Cilandak sudah disidik. Kan perlu bukti, saksi. Kesalahannya di situ kenapa harus main hakim sendiri,” sesalnya.

Korps baret ungu, tambahnya, sudah berusaha menyelesaikan masalah ini dengan kekeluargaan. Sedangkan untuk pengobatan menjadi tanggung jawab pelaku.

“Mediasi sudah dilakukan oleh satuannya bertemu dengan keluarganya. Yang saya dapatkan keluarga menerima (mediasi),” tambahnya.

Dia mengaku, semua prajurit Marinir selalu mendapatkan pesan untuk mengedepankan rasa persaudaraan pada masyarakat bukan bertindak arogan. Namun jika ada kedapatan yang berani melanggar, tentu akan disanksi.

“Kita tak henti-hentinya berupaya dengan memberikan pengarahan, latihan-latihan, masuk dari sisi ceramah agama, penyuluhan hukum. Itu untuk memberikan pengetahuan hukum sehingga tidak terjadi pelanggaran hukum,” katanya.

“Itu sering kali terjadi. Tapi sanksi sudah tegas, siapa yang melakukan pelanggaran harus bertanggung jawab. Tidak ada pelanggaran yang tidak kami tindak lanjuti. Ini oknum ya bukan satuan,” lanjut dia.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge