0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Eropa Dukung RI Jadi Mediator Iran-Saudi

Menteri Luar Negeri Retno Priansari Marsudi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Uni Eropa mendukung Meteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi sebagai utusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendamaikan Iran dan Arab Saudi.

“Yang Mulia Federica Mogherini (Menteri Luar Negeri Uni Eropa) sepakat untuk meredam tensi tinggi di kedua negara. Konflik tersebut dipercaya memiliki dampak buruk, tidak sebatas dalam hubungan bilateral saja tetapi lebih kepada ketegangan di kawasan, proses damai di Suriah, mulai dari Asia Tenggara hingga Eropa,” kata Menlu Retno, Rabu (13/1).

Tentunya hal tersebut disambut baik oleh Menlu Retno. Dia sepakat untuk melanjutkan hal tersebut sebagai inisiatif kedepan yang dapat menenangkan situasi.

Seperti disebutkan sebelumnya, misi Menlu Retno bertolak ke Iran dan Saudi sebagai aksi nyata kepedulian Indonesia terhadap situasi di Timur Tengah. Situasi Timur Tengah dikhawatirkan akan rawan konflik ketika dua negara kuat itu berseteru.

Retno mengaku memiliki dua strategi agar Saudi dan Iran bisa berdamai kembali. Strategi pertama adalah mengirim surat dari Presiden Joko Widodo kepada Dubes Saudi dan Dubes Iran.

Sedangkan tahap kedua adalah lawatan menlu ke salah satu negara. Tetapi soal lawatan akan disesuaikan dengan kecocokan waktu. Sehingga tidak ada alasan nonteknis bila nanti tim RI datang ke Saudi atau Iran lebih dulu.

Konflik dua negara terjadi awal Januari ini, ketika Kerajaan Arab Saudi mengeksekusi 47 tahanan atas tuduhan terlibat terorisme. Salah satu dari narapidana itu adalah ulama Syiah Syeikh Nimr Baqir al-Nimr.

Negara-negara dengan warga mayoritas Syiah di Timur Tengah melakukan protes. Warga Iran sampai membakar kedutaan Saudi di Ibu Kota Teheran ketika berunjuk rasa.

Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran setelah kedubesnya dibakar di Teheran. Langkah serupa segera diambil Bahrain, Qatar, Sudan, dan Yordania.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge