0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gafatar di Wonogiri Tidak Diakui

dok.timlo.net/tarmuji
Kepala Kesbangpol Wonogiri, Sulardi (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang belakangan ramai diperbincangkan, ternyata sudah ada di Wonogiri sejak 2012 silam. Namun keberadaannya di Wonogiri belum diakui. Pasalnya, beberapa kali mengajukan perijinan melalui dinas terkait, organisasi bersimbol matahari terbit ini kandas.

“Pengurusnya cuma ada tiga orang, tapi Gafatar itu militan semua. Bahkan dulu sempat bersitegang dengan mereka soal perijinan,” jelas Kepala Kesbangpol Wonogiri, Sulardi, Rabu (13/1).

Namun demikian, organisasi ini tidak mau berhenti. Mereka terus berupaya mencari simpati masyarakat dengan menggelar kegiatan bakti sosial. Semisal donor darah rutin dan aksi bersih-bersih.

“Memang soal kegiatan sosial saya akui,organisasi itu sangat bagus,” terangnya.

Dinas sendiri sejak lama telah mensinyalir ada indikasi gerakan radikal. Sehingga beberapa kali pengurus Gafatar Wonogiri ini mengajukan perijinan selalu kandas di tengah jalan alias ditolak. Mulai dari pengurus lama hingga pengurus baru Gafatar.

“Tahun 2014 dikomandoi oleh Supar Priambodo, Gafatar mengajukan ijin. Tapi karena kita berpegang teguh dengan surat Kemendagri maka ijin itu tidak kami berikan,” jelas Sulardi.

Sulardi juga menegaskan, pihaknya telah mengambil sikap terkait aliran yang menabikan Ahmad Musadeq ini. Dia pun secara terang-terangan dia menolak tegas akan keberadaan Gafatar di Wonogiri.

Sementara dari hasil penelusuran di lapangan ,rumah yang dahulunya didiami Ketua Gafatar Wonogiri Supar Priambodo di Lingkungan Gerdu, Wonogiri Kota, kini sepi dan berganti pemilik. Dari keterangan warga sekitar, Supar dan keluarganya pindah di wilayah Pokoh, Wonoboyo, namun kedatangannya ternyata ditolak warga sekitar.

Sedang saat dicoba konfirmasi melalui telepon selulernya, nomor tersebut sudah tidak aktif lagi. Diperoleh informasi, Supar konon kabarnya telah menjabat Ketua Gafatar Surakarta. Sedang jabatan Ketua Gafatar Wonogiri dipegang Dwi Yetno Haryadi, warga asal Blimbing, Kecamatan Purwantoro. Namun ketua baru Gafatar Wonogiri sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge