0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ajak Bertobat, Mobil Tahanan Dilengkapi Video Siraman Rohani

Mobil Tahanan Kejari Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar melengkapi mobil pembawa tahanan dengan fasilitas multimedia. Fasilitas tersebut digunakan untuk memutar video siraman rohani agar para tahanan  tergugah hatinya dan mau bertobat untuk tidak mengulangi perbuatannya.

“Karangnyar tidak memiliki rumah tahanan sehingga dititipkan di Kota Solo, saat mereka hendak disidangkan nanti dijemput ke karanganyar dan dikembalikan lagi setelah sidang selesai,” kata Kepala Kejari Karanganyar, Teguh Subroto, kemarin.

Menurut Teguh Subroto, para tahanan mengeluhkan perjalanan dari Solo ke Karanganyar atau sebaliknya saat menjalani sidang. Mereka mengaku merasa jenuh, atas dasar itu pihaknya berinisiatif memberikan fasilitas siraman rohani di dalam mobil. Siraman rohani itu akan diputar melalui media player yang ada di dalam mobil yang kemudian bisa didengarkan oleh tahanan yang hendak disidangkan ke Pengadilan Negeri Karanganyar.

“Ada sejumlah kaset siraman rohani yang siap diputar, setiap mengangkut tahanan kaset itu bakal diputar agar didengarkan oleh tahanan yang diangkut,” imbuhnya.

Ia berharap dengan mendengarkan siraman rohani itu, para tahanan akan benar-benar berubah dan berbuat baik. Sehingga saat keluar dari tahanan yang bersangkutan akan melakukan hal yang lebih berguna bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungan di sekitarnya.

Ditambahkan, selain siraman rohani, pihaknya juga memberikan fasilitas berlatih menyanyi bagi para tahanan. Mereka diberi kesempatan berlatih menyanyi selama diangkut di mobil tersebut. Itu semua agar mereka tidak merasa jenuh selama menghadapi proses persidangan.

“Untuk latihan menyanyi, kita siapkan waktu setelah sidang berlangsung saat mereka diantar kembali ke rumah tahanan di Kota Solo,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge