0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Sekolah Swakelola, Inspektorat Diminta Ikut Terlibat

timlo.net/achmad khalik
Anggota komisi IV melakukan Sidak di SMP Negeri 14 Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Terkait pembangunan sejumlah sekolah dengan sistem swakelola, Inspektorat Pemkot diminta untuk ikut turut serta mengawasi. Meski dana sumber pembangunan bukan dari Pemkot Solo.

“Inspektorat tetap berhak untuk menelisik sebuah proyek dengan mengacu pada Perda Pengelolaan Keuangan Daerah,” terang Anggota Komisi IV, Reny Widyawati, Senin (12/1).

Di SMPN 14, kata Reny, sebagian material bangunan diambil dari bangunan lama. Sehingga, dengan mempertimbangkan hal tersebut maka sebagian bangunan masih menggunakan aset Pemkot seperti kayu, genteng serta bagian lain.

Sementara, Wakil Ketua Komisi IV, Asih Sunjoto Putro mengatakan, akan memanggil sejumlah elemen terkait untuk duduk bersama membahas pembangunan swakelola tersebut.

“Meski dananya dari pusat, kan kami berhak mengetahui pelaksanaannya. Jangan sampai setelah dibangun akan jauh dari bestek yang ditentukan,” kata Asih.

Ketua pelaksana pembangunan SMPN 14, Endang P Rahayu, mengatakan jika dalam pelaksanaan pembangunan sejumlah ruang kelas mendapat pantauan intensif dari pihak Kementrian Pendidikan secara langsung. Meski begitu, jika anggota DPRD Solo menginginkan transparansi maka pihaknya bersedia memberikan apa yang diinginkan.

“Kami tidak keberatan. Lagipula perkembangan dan kualitas proyek selalu dipantau dan kami laporkan rutin ke pusat secara langsung. Sehingga, kualitas bangunan diharapkan tetap terjaga,” kata Endang.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge