0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Batik Wonogiren Jadi Mulok SD

Pameran Batik Wonogiren (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Pemkab Wonogiri bakal memasukkan batik Wonogiren ke dalam muatan lokal (mulok) pelajaran SD. Langkah ini ditempuh untuk measyarakatkan produk batik Wonogiren dan memperkenalkan teknis pembuatan batik Wonogiren sejak dini.

“Kami bekerjasama dengan Disdik, khususnya UPT (Unit Pelaksana Teknis) di Kecamatan Tirtomoyo,” ungkap Kepala Bidang Perindustrian, Disperindagkop UMKM Wonogiri, Sulistyani, Selasa (12/1).

Saat ini, kata Sulistyani, seluruh SD di Kecamatan Tirtomoyo telah mengaplikasikan mulok tersebut. Mulok di tingkat SD itu sebatas pada teknis pembuatan batik. Pihaknya belum melangkah di sisi pemasaran.

“Yang penting kecintaan terhadap potensi lokal dapat tumbuh sejak dini, ” jelasnya.

Terpisah, Kabid TK dan SD Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Suwanto mengatakan, saat ini muatan lokal membatik sudah dijalankan di Tirtomoyo. Muatan lokal tersebut termasuk jenis muatan lokal pilihan sekolah. Terdapat tiga jenis muatan lokal. Muatan lokal dari provinsi yang berupa bahasa Jawa, muatan lokal kabupaten berupa seni suara daerah dan muatan lokal pilihan sekolah yang disesuaikan dengan potensi di masing-masing wilayah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge