0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komisi IV Sidak Pembangunan Ruang Kelas Swakelola

timlo.net/achmad khalik
Komisi IV Lakukan Sidak Pembangunan Ruang Kelas Swakelola di SMP Negeri 14 Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 14 Solo, Selasa (12/1) siang. Sidak yang dilakukan menyangkut pembangunan swakelola sejumlah penambahan ruang kelas dari dana Kementerian Pendidikan.

“Secara khusus kami memberikan apresiasi kepada pihak sekolah karena mampu mendapat dana mandiri dari Kementerian Pendidikan pusat secara langsung. Meski begitu, tugas dari anggota DPRD tetap melakukan pengawasan supaya hasilnya juga tidak asal-asalan,” kata anggota Komisi IV, Asih Sunjuto Putro.

Meski ditangani secara swakelola, legistator asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap, supaya tidak terjadi pergeseran maupun pengurangan terkait bahan yang digunakan untuk pembangunan ruang kelas tersebut. Mengingat, sangat berbahaya ketika sebuah bangunan tidak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya.

“Disamping itu juga waktu pengerjaan jangan sampai molor dari jadwal yang ditentukan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Reni Widyawati mengungkapkan meski dana pembangunan yang didapat bukan dari Pemkot Solo namun fungsi kedepan dipergunakan mendidik dan mencetak generasi muda Kota Bengawan. Sehingga, pihaknya berharap pelaksana pembangunan penambahan ruang kelas dapat mempergunakan alokasi dana dari Kementerian Pendidikan pusat secara bijaksana sesuai spesifikasi daftar pembangunan.

“Kami mewakili rakyat Solo pastinya berharap yang terbaik, supaya kedepan kualitas bangunan tetap bagus dan layak digunakan untuk mencetak generasi penerus Kota Solo,” jelas Politikus asal Partai Demokrat tersebut.

Sementara itu, ketua tim pelaksana, Endang Puji Rahayu mengemukakan, dana yang didapat merupakan prestasi positif setelah pihak sekolah memenangkan tertib administrasi daftar pokok pendidik (Dapodik) tahun 2015 kemarin. Dari 35 sekolah se-Indonesia, SMP Negeri 14 Solo menerima kucuran dana sebesar Rp 1,2 Miliar yang dialokasikan untuk sejumlah pembangunan atau penambahan ruang laboratorium bahasa, perpustakaan, teknik informasi dan komunikasi (TIK) serta kelas pembelajaran. Sejauh ini, pihak sekolah telah merampungkan 70 persen bangunan fisik yang terdiri dari dua lantai tersebut.

“Kalau sesuai jadwal, sekitar akhir bulan besok (Februari-red) telah selesai pengerjaannya,” kata Endang.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge