0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Warga Boyolali Diduga Gabung Gafatar

Kakak Beradik Asal Ringin Rejo, Ketitang, Nogosari, diamankan Polda DIY karena diduga terlibat jaringan Gafatar (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Tiga warga Boyolali diamankan pihak berwajib bersama dr Rica, di Bandara Iskandar, Pangkalan Bun. Saat ini, ketiganya masih berada di Polda DIY. Seorang lagi hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

“Baru tiga yang diamankan, saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polda DIY,” kata Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono, Selasa (12/1).

Tiga warga Dukuh Ringin Rejo, Desa Ketitang, Nogosari, yang saat ini diamankan di Polda DIY, Eko Purnomo (30) asisten dosen UGM dan istrinya, Veny Orinanda, dan Krisma Fitri Arta, pelajar SMK di Solo, yang juga adik kandung Eko. Sementara Bentar Setiarto, adik kandung Eko, saat ini belum diketahui keberadaanya.

“Dimana keberadaan Bentar masih dalam lidik. Ya harapan kita segera ditemukan untuk mengungkap kasus ini,” tambah Kapolres.

Diakui, pihaknya sampai saat ini masih menunggu penyidikan dari Polda DIY. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan ketiga saudara kandung tersebut. Sementara itu, pihaknya juga melakukan penyelidikan untuk melacak keberadaan jaringan radikal Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) ini.

“Jajaran Polsek sudah kita minta mendata kalau ada organisasi serupa. Kalau itu melanggar ideologi negera jelas dilarang,” tegasnya.

Menurut Kapolres, ketiga warga tersebut pada tanggal 8 Januari 2016 dilaporkan hilang oleh keluarganya. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata ketiganya diamankan bersama dr Rika di Pangkalan Bun dan diduga terlibat jaringan Gafatar.

Sementara itu, petugas yang melakukan pemeriksaan ke rumah orang tua ketiganya, Sularto, menemukan kartu tanda Ormas Gafatar atas nama Krisma Fitri Arta dan bukti transfer uang serta dokumen atas nama Bentar Setiadi.

“Untuk kelanjutanya, tunggu hasil koordinasi dengan Polda DIY,”  tandas Kapolres.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge