0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nekat Lewat Kota, Sejumlah Truk Pasir Ditilang

Dishub Klaten razia truk galian C yang nekat melintas di depan Stadion Trikoyo (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —  Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten kembali melakukan penertiban terhadap angkutan umum dan angkutan barang, termasuk truk pengangkut pasir dan batu (galian C). Penertiban dilakukan di sepanjang Jalan Merbabu, depan Stadion Trikoyo.

“Penertiban dilakukan gabungan bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Klaten. Pasalnya semakin banyak jalan yang rusak akibat dilalui truk bermuatan berat,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Barang Dishub Klaten, Sarwata, Selasa (12/1).

Pihaknya mengaku sudah berkali-kali melakukan razia. Namun para pengemudi truk tak juga jera. Padahal jalur lingkar utara dari arah Yogyakarta tersebut tidak diperuntukkan untuk jalur truk Galian C.

Dijelaskan, sejumlah truk yang mengangkut pasir dan batu dari lereng Gunung Merapi itu melanggar Peraturan Bupati no 31/2014 tentang jalur larangan Galian C. Secara aturan, truk seharusnya melintasi by pass yang berada di jalur lingkar selatan Kabupaten Klaten.

“Kita langsung memberikan surat Tilang di tempat. Penertiban ini akan terus kami gencarkan. Sebab masih ada sejumlah angkutan barang, khususnya truk Galian C yang masih nekat melalui jalur yang bukan semestinya,” tandas Sarwata.

Sementara itu, salah satu pengemudi truk yang terjaring penertiban, Slamet, mengaku sudah tahu jalur larangan tersebut. Namun demikian, dia hanya ikut-ikutan dengan truk-truk lainnya yang melintasi jalan depan Stadion Trikoyo itu.

“Ya sudah tahu Mas kalau jalur ini enggak boleh dilewati. Tapi teman-teman lainnya juga lewat sini. Apalagi lebih cepat dan  muter jauh,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge